Mengintip Gaya Hidup Mereka yang Sukses

Ada satu lembaga penelitian sekuler di USA yang meneliti tentang orang orang yang hidupnya sukses dan bahagia. Karena lembaga yang meneliti ini sangat sekuler, maka tolok ukur atau kriteria orang yang sukses dan bahagia pertama adalah banyaknya uang yang dimiliki (perspektif financial).

Lembaga tersebut akhirnya mensurvai orang orang kaya (para milyuner) dengan sample awal sebanyak lebih dari 200 ribu orang milyuner. Dari 200 ribu itu disaring kadar bahagianya berdasarkan berbagai parameter parameter tertentu termasuk keharmonisan kehidupan dalam keluarga. Hasil saringan terakhir ada sekitar 200 orang yang dianggap sangat bahagia, karena selain kaya, bisnisnya luar biasa, dapat menikmati hidup, keluarganya, beres. Hasil survai tersebut ditulis dalam buku karangan Thomas Stanley berjudul "The Millionaire Mind." Orang orang kaya tersebut rata rata sudah berumur, mereka adalah orang kaya dalam 1 generasi, artinya bukan kaya karena warisan, atau dapat lotre atau dapat harta karun, akan tetapi kaya dengan modal atas jerih paya sendiri alias hasil kerja keras sendiri.

Kemudian orang orang ini diwawancara satu persatu secara detail, dan pada akhirnya disimpulkan gaya hidup orang orang kaya yang sukses dan bahagia tersebut ke dalam sepuluh gaya hidup mereka, yaitu :

1 . Orang orang tersebut frugal atau sangat hemat tapi tidak pelit, artinya mereka tidak boros, penuh pertimbangan dalam memanfaatkan uang mereka. Untuk beli sesuatu, harus pikir pikir dulu sekitar 20 kali apakah yang akan dibeli tersebut memang betul betul merupakan suatu kebutuhan atau hanya sekedar keinginan, mereka adalah tipe orang yang tanya sama Tuhan tentang segala sesuatu pengeluaran. Mereka tidak diperbudak mode, meskipun tidak kuno, tapi modis. Mereka tahu di mana beli barang bagus tapi murah.

2. Orang orang tersebut selalu hidup di bawah income mereka, tidak hidup gali lobang tutup lobang alias anti utang, anti besar pasak dari pada tiang, tidak merasa gengsi jika hidup di bawah pendapatan yang diterima.

3. Sangat loyal terhadap pasangan tidak kawin cerai dan berusaha selalu setia pada pasangan, baik dalam keadaan suka dan duka, termasuk mencintai keluarga besar.

4. Mereka selalu lolos dari prahara konflik baik dalam keluarga maupun bisnis (di USA sering resesi ekonomi, mereka selalu lolos). Setelah ditanya apa kunci lolosnya mereka dari prahara kegentingan dan ancaman, jawaban mereka adalah "overcoming worry and fear with The Bible and pray, with faith to God. We have God and His word." Artinya mereka menyandarkan hidup pasrah pada Tuhan, padahal negara mereka adalah Sekuler.

5. Cara berpikir mereka berbeda dalam segala segi dengan orang orang kebanyakan, contohnya, kita kalau pergi ke mall, mikir belanja untuk abisin duit, sedangkan mereka malah survey mencari peluang bisnis apa yang paling laku di mall. They think differently from the crowd. Mereka "The Man of Production"bukan The Man of Consumption."

6. Ketika ditanya kunci sukses mereka, adalah :

a. Punya integritas = satunya kata dengan perbuatan, omongan dan janji bisa dipegang dan dipercaya, jika diberikan amanah selalu ditepati, tidak berkhianat atau tidak munafik, menjunjung etika, moral, dan nilai nilai agama.

b. Disiplin = tidak mudah dipengaruhi, dalam segala hal, termasuk disiplin dalam hal waktu, aktivitas yang teratur, makan, olah raga, rekreasi, ibadah/kebaktian yang juga teratur, mereka orang yang tidak sembarangan konsumsi makanan, tidak serakah/rakus.

c. Selalu mengembangkan social skill = cara bergaul, belajar getting along with others people, belajar leadership, menjual ide, mereka orang yang meng upgrade dan meng-up date dirinya, tidak malas membaca dan belajar dari orang orang terdekat dan yang dikenal, mau menerima kritikan, sekalipun pedas.

d. Punya pasangan yang men-support, selalu mendukung dalam keadaan senang maupun duka lara, yang penting menurut mereka, integrity dimulai di rumah, kalau seorang suami/istri tidak bisa dipercaya di rumah, pasti tidak bisa dipercaya di luar.

7. Pembagian waktu dan aktivitas yang mereka lakukan paling banyak untuk hal hal berikut :

a. Mengajak pasangan, angota keluarga seperti anak dan cucu untuk sport/olah raga, rekreasi, alasannya dengan olah raga dan rekreasi bisa meningkatkan derajad kesehatan, daya tahan tubuh, memupuk "fighting spirit" yang penting untuk pertandingan jasmani dan rohani untuk menang sebagai orang beriman, untuk bisa sportif (menerima kenyataan, tetapi dengan semangat untuk memperbaiki dan menang).
b. Banyak memikirkan tentang investasi jangka panjang, mulai skala kecil kecilan hingga yang besar.

c. Banyak waktu berdoa mulai ketika bangun tidur, ketika memulai aktivitas, ketika mulai makan, selesai makan, sampai sebelum tidur senantasa memanjatkan doa dan puji-pujian kehadirat Illahi, mereka selalu mencari kasih sayang Tuhan, selalu berupaya belajar mengetahui, memahami, dan mengamalkan Firman Tuhan. Ini menjadi lifestyle mereka sejak muda, dewasa dan tua.

d. Attending Religious Activities. Senang sekali mengikuti acara acara kebaktian, kerohanian, dan sosial kemasyarakatan dalam komunitas mereka sendiri maupun masyarakat luas.

e. Socializing with Children and Grand Child, ngobrol menyenangi, menyantuni anak anak sebagai generasi muda penerus bangsa.

f. Entertaining with Friends, maksudnya bergaul, membina hubungan atau relasi yang baik dan saling menguntungkan untuk seumur hidup.

8. Have a Strong Religious Faith, dan menurut mereka ini kunci utama sukses mereka.

9. Religious Millionaire. Mereka tidak pernah memaksakan suatu jumlah aset sama Tuhan, tapi mereka belajar mendengarkan suara Tuhan, berapa jumlah aset yang Tuhan inginkan buat mereka. Selalu berdoa minta guidance untuk bisnis. Mereka bukan tipe menelan semua tawaran bisnis yang disodorkan kepada mereka, tapi tanya Tuhan dulu untuk mengambil keputusan.

10. Ketika ditanya tentang siapa mentor mereka, jawabannya adalah Tuhan.*** (dikutip dari krakatau-it)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Mengintip Gaya Hidup Mereka yang Sukses"

Photobucket

kontak

Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
captchaPlease enter the text from the image: [ Refresh Image ] [ What's This? ]